Senin, 27 September 2010

Exploration will never dies


Setelah libur hampir satu bulan semenjak dari Kalimantan, kali ini trip saya di-schedule-kan ke daerah Musi Rawas, provinsi Sumatera Selatan, lokasinya berbatasan dengan Provinsi Jambi. Mendengar daerahnya deket dengan provinsi Jambi saya langsung kepikiran dengan suku pedalaman di sana. Ga kebayang  kalau eksplorasi di daerah saya ketemu dengan, yang disebut “Suku Anak Dalam”, pasti akan seru sekali petualangan saya nantinya. Berangkat dari kota Jakarta saya bersama rekan-rekan saya berempat menuju kota Jambi. Setibanya di bandara Sultan Thaha, kemudian dilanjutkan perjalanan darat selama 8 jam perjalanan.  Di sepanjang perjalanan pemandangan yang dilihat kebanyakan perkebunan kelapa sawit, karena mayoritas penduduk di sekitar bermatapencarian sebagai petani. Akhirnya tiba di lokasi ekplorasi ternyata daerahnya tidak terlalu terpencil, karena masih ada beberapa pemukiman warga di sekitarnya. “wah syukur deh ga berada kawasan orang-orang suku pedalaman”, tapi seorang warga lokal bilang kalau orang-orang suku pedalaman sering muncul di desa mereka, mungkin untuk sekedar mencari makan. Sebagian dari mereka (Suku Anak Dalam) sudah ada yang biasa berbaur dengan warga desa di sekitar sini.

 Aktivitas Drilling di Malam Hari
Kegiatan saya di daerah ini dijadwalkan selama sebulan untuk melakukan aktivitas survey dan drilling batubara yang estimasi-nya akan finish pada awal bulan ramadhan 1431 H, kegiatan ekplorasi ini dilakukan 2 shift untuk siang dan malam. Trip kali ini sangat berkesan bagi saya pribadi karena saya pernah didemo oleh warga lokal sampai-sampai ada salah seorang warga yang menodongkan parang kearah saya. Permasalahannya akibat pembebasan lahan yang belum tuntas, nah di lokasi tersebut kami sedang melakukan aktivitas ekplorasi. “huft lumayan shock teraphy-nya bikin jantungan bro!!” untungnya hal tersebut masih bisa diselesaikan secara musyawarah. Hmmm.. ekplorasi banyak macam tantangan dan rintangannya, kalau berada pada daerah yang terpencil (remote area) harus beradaptasi dengan alam, dan kalau berada daerah yang mudah dijangkau dengan masyarakat yaaah begini ini nih kondisinya... hidup eksplorasi!!!
Geologist dan Tim Drilling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar